Pembicara Seminar, Ippho Santosa, Pembicara Seminar Motivasi, Pembicara UKM, Pembicara Terkenal

Pembicara Seminar Ippho Santosa Ingatkan Soal Stress Dalam Seminar Motivasi

Pembicara Seminar Motivasi, Pembicara Terbaik, Pembicara Terkenal



Sebagai pembicara seminar, saya sering membahas soal stress, termasuk dalam dunia kerja dan usaha. Anda pernah mengalaminya?

Tekanan pekerjaan yang cukup berat, ditambah urusan pribadi, menjadi faktor dominan yang menyebabkan karyawan stress. Belum lagi kalau ternyata atasan tidak bisa diteladani dan bawahan tidak bisa diandalkan. Akhirnya motivasi kerja menurun. Ini sebenarnya terjadi di semua bidang. Bukan di bidang tertentu saja.

pembicara-seminar-motivasi-kerja-pembicara-terbaik-pembicara-terkenal

Fakta lain, orang miskin yang stress lebih cepat meninggal ketimbang orang kaya yang stress. "Efek kemiskinan ditambah stress ibarat bom," ungkap Antonio Ivan Lazzarino, peneliti dari University College London, Inggris. Sementara itu, Profesor Glyn Lewis, pakar epidemiologi psikiatri di Universitas Bristol di Inggris, tidak terkejut dengan temuan tersebut. Terus, gimana solusinya?

Saran saya, begini. Harus dicari tahu dulu akar permasalahannya. Ya, akarnya. Jalan-jalan dan liburan hanya bisa memberi kesenangan sesaat. Solusi sejati tidak bisa terhadirkan dari aktivitas-aktivitas sedemikian. Sekiranya akar permasalahan sudah diketahui, barulah bisa dipikirkan next step-nya.

Saran berikutnya, minta masukan dari pasangan dan mentor. Ya, dari orang-orang dekat yang mengenal kita. Sepertinya mereka memiliki pandangan yang lebih jernih terhadap permasalahan kita. Juga lebih jujur. Posisi mereka bagaikan cermin dan begitulah, kadang kita perlu cermin untuk diri kita dan permasalahan kita.

pembicara-seminar-motivasi-kerja-pembicara-terbaik-pembicara-terkenal

Terakhir, bawalah setiap masalah dalam doa dan ibadah. Karena kita semua tahu, hanya DIA yang menggenggam segala solusi. Hanya DIA pula yang bisa menentramkan setiap hati. Menggunakan akal dan nalar semata hanya menyusahkan diri sendiri. Stress. Ini sering sekali saya bahas dalam seminar-seminar motivasi. 

Dengan berbagai cara di atas, mudah-mudahan kita, tim kita, dan keluarga kita terbebas dari stress. Setidaknya, berkurang kadar stress-nya. Aamiin. Dari jauh, saya turut mendoakan. Tulisan ini boleh Anda share. Sekian dari saya, Ippho Santosa.







motivasi kerja, pembicara terbaik, pembicara terkenal, pembicara seminar motivasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar